Satu Hari Jelang Ramadhan, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Naik Tajam di Sumut



 

Untuk harga cabai merah sendiri di pasar terpantau bergerak dalam rentang 70 ribu hingga 85 ribu. Meskipun untuk harga 70 ribu memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan harga 85 ribuan per Kg. Selain cabai merah, harga cabai rawit juga terpantau mengalami kenaikan dikisaran 45 hingga 50 ribu per Kg nya.



 

Sementara untuk harga daging sapi, dari pedagang besar mengalami kenaikan sekitar 2 ribuan per Kg. Namun di tingkat pedagang pengecer harga daging sapi relatif tidak banyak mengalami perubahan. Harga daging sapi masih ditransaksikan dalam rentang angka 120 hingga 135 ribu per Kg nya. Kalau ada temuan kenaikan harga saya pikir ini sifatnya relatif dan sementara.

 

Kenaikan beberapa komoditas khususnya pangan hortikultura ini terjadi karena hari minggu petani tidak banyak melakukan aktifitas di ladang. Sehingga wajar harga mengalami kenaikan. Sementara itu, ekspektasi awal ramadhan jatuh pada hari senin juga membuat pasokan sejumlah pangan hortikultura menjadi berkurang, padahal sisi permintaan masih tinggi di awal pekan ini.

 

Sementar itu, sejumlah harga pangan lainnya terpantau bergerak stabil. Harga daging ayam masih dijual dalam kisaran 36 hingga 40 ribu per Kg. Demand atau permintaan terpantau mengalami peningkatan dalam 2 hari terakhir, sekalipun harga daging ayam terbilang sangat mahal. Telur ayam juga masih stabil setelah sempat naik di bulan Februari.

 

Harga minyak goreng curah dan gula pasir juga masih terpantau stabil. Minyak greng curah dijual dikisaran 16 ribu hingga 17 ribu per Kg, dan gula pasir berada di kisaran 18 ribu per Kg nya. Sementara itu, harga beras juga terpantau bergerak stabil. Meskipun dari hasil pengamatan di lapangan, harga gabah kembali mengalami kenaikan di kisaran 6.300 per Kg untuk gabah kering panen (GKP).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *