RSPAL dr. Ramelan Sukses Gelar Operasi Transplantasi Ginjal Pertama Kali



Hal ini menjadikan RSPAL dr. Ramelan yang merupakan rumah sakit tipe A atau tingkat I sekaligus sebagai pusat rujukan di wilayah timur, menjadi Rumah Sakit TNI pertama yang melaksanakan transplantasi organ ginjal.  Momentum keberhasilan ini sebagai tanda grand launching transplantasi organ ginjal oleh Rumah Sakit Pusat TNI AL tersebut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam sambutannya secara daring menyampaikan bahwa rendahnya jumlah transplantasi di dalam negeri salah satunya disebabkan karena masih terbatasnya rumah sakit yang mampu menyelenggarakan pelayanan tersebut.



“Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, RSPAL dr. Ramelan mampu menyelenggarakan transplantasi ginjal secara mandiri,” ungkap KSAL.

Legalitas pelayanan transplantasi ginjal diawali dengan visitasi oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Komite Transplantasi Nasional serta Tim Ad-HOC pada tanggal 17 Mei 2023 terhadap bidang manajemen, administrasi, ketenagaan, sarana prasarana, peralatan, dan kelengkapan regulasi pelayanan kesehatan transplantasi organ.

Pada kesempatan yang sama, Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo menyampaikan bahwa, pelaksanaan transplantasi ginjal yang dilaksanakan saat ini pada hakikatnya adalah suatu terobosan RSPAL dr. Ramelan guna meningkatkan kontribusi TNI AL dalam pelayanan kesehatan bagi bangsa dan negara, terutama bagi prajurit, keluarga, serta masyarakat.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Permohonan Bertemu Tak Digubris Jakpro dan Pemprov DKI, Warga Kampung Bayam Dirikan Tenda di JIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *