Peran Satgas Yonif R-631 ATG Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Grasberg Freeport

Berita96 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSebuah capaian yang luar biasa telah dicapai di puncak Grasberg Freeport, Papua. Sebuah bendera raksasa, dengan ukuran raksasa telah dibentangkan di ketinggian tertinggi di Indonesia. 

Rekor Dunia Bendera Terluas

Pembentangan bendera terbesar ini dilakukan sejak 14 Agustus 2023 di lokasi tertinggi area tambang terbuka Grasberg, yang merupakan tambang milik PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sudah tidak beroperasi sejak tahun 2019.

Pada tanggal yang bersejarah, bendera raksasa dengan panjang luar biasa, mencapai 3.431,25 meter persegi, berhasil dibentangkan di ketinggian lebih dari 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pembentangan Bendera Merah Putih ukuran raksasa ini mengukir sejarah dunia dengan memecahkan Guinness World Records (GWR) dan mengalahkan rekor dunia bendera terbesar sebelumnya dengan ukuran 2.742,43 meter persegi.

Dilansir dari situs resmi TNI Angkatan Darat, penghargaan pembentangan bendera ini diterima oleh Presiden Direktur PTFI Tony Wenas pada Rabu 16 Agustus 2023.

“Pembentangan bendera ini menggambarkan semangat kami dalam merayakan HUT ke-78 RI dengan tema yang kami angkat tahun ini yaitu ‘Kita Satu Melaju untuk Indonesia Maju’. Walaupun berhadapan dengan ketinggian 4.285 mdpl beserta semua risiko yang ada, semangat kami terus berkobar. Saya percaya semangat ini yang akan membawa kami untuk terus berdedikasi, bekerja sama, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

“Pelaksanaan di Grasberg sebagai bentuk apresiasi tambang terbuka Grasberg yang sudah menjadikan PTFI sebagai perusahaan tambang terbesar dan kelas dunia, dengan cadangannya cukup besar,” ujarnya.

Dalam upaya untuk memperkuat ikatan nasional dan mengenang perjuangan para pahlawan di tanah Papua, pembentangan bendera ini menjadi suatu peristiwa yang akan selalu dikenang.

Baca Juga  jadwal konser di Palembang 2023

Iklan

Peran Satgas Yonif R-631 ATG

Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) R-631/ANTARA (ATG) turut serta dalam pemecahan rekor dunia. Satgas ini tidak hanya hadir sebagai saksi, tetapi juga sebagai bagian penting dari acara ini. Sebagai penjaga kehormatan, mereka memberikan warna dan kekuatan tambahan pada momen yang bersejarah ini.

Satgas Yonif R-631 ATG memiliki tugas khusus dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah Papua, menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat, dan membantu dalam berbagai kegiatan yang mendukung pembangunan daerah. 

Kehadiran mereka dalam acara pembentangan bendera ini adalah bukti nyata dari kontribusi dan dedikasi mereka dalam membangun semangat kebersamaan dan persatuan.

Pembentangan bendera terbesar di Puncak Grasberg Freeport tidak hanya sekadar simbol nasionalisme, tetapi juga mengingatkan kita pada nilai-nilai persatuan dan kerja sama yang harus terus kita pupuk. 

Dalam era di mana perbedaan sering menjadi sorotan, capaian ini mengingatkan kita bahwa kita semua adalah bagian dari bangsa yang sama, dengan tujuan dan impian bersama.

Dengan dukungan dari Satgas Yonif R-631 ATG, acara ini menjadi lebih dari sekadar pemasangan bendera merah putih. Ini adalah peristiwa yang mewakili semangat persatuan, penghormatan pada sejarah, dan komitmen terhadap masa depan yang lebih baik.

Pilihan Editor: HUT RI ke-78: Freeport Indonesia Catat Rekor Dunia Bentangkan Bendera Terbesar di Puncak Grasberg



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *