Pelindo Regional 3 Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Pemudik Jalur Laut



Sedikitnya 20 terminal penumpang disiapkan untuk melayani arus mudik Lebaran yang diprediksi meningkat 15 persen.

Sejumlah antisipasi dilakukan, di antaranya menyiapkan terminal penumpang di masing-masing pelabuhan, seperti fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi calon pemudik, baik yang tiba maupun berangkat.



Tak hanya itu, Pelindo juga menyiapkan ruang tunggu calon penumpang, Posko Mudik Lebaran, ruang laktasi, penambahan counter check-in, hingga penambahan petugas jaga dan CCTV juga disiapkan dengan cermat.

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda, menyampaikan, sedikitnya ada 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik Lebaran.

Pihaknya juga terus koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, agar arus mudik berjalan lancar.

“Sejumlah pelabuhan utama, seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang, diprediksi mengalami lonjakan penumpang signifikan dibanding hari biasanya,” ujar Karlinda dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (31/3).

Jumlah penumpang pada mudik kali ini diperkirakan mencapai 713.449 orang atau naik 15 persen dibanding 2023 yang mencapai 620.291.

“Tak hanya persiapan dan koordinasi internal perusahaan, tapi juga dengan stakeholder, seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran, untuk memastikan seluruh layanan siap,” jelas Karlinda.

Dia mengimbau seluruh general manager pelabuhan yang mengelola terminal di bawahnya agar melakukan persiapan lebih dini.

“Kami memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami siap memberikan layanan terbaik,” pungkasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Baca Juga  RSCM Respons Sanksi Kemenkes Soal Perundungan di Kalangan Dokter Spesialis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *