KPU Perbolehkan Pemilih Pemula yang Belum Punya e-KTP Ikut Coblos

Jumat, 28 Juli 2023 – 15:14 WIB

Jakarta – Pemilih pemula yang sudah berusia 17 tahun tapi belum memiliki e-KTP bisa mengunakan hak pilihnya di Pemilu 2024. Namun, pemilih pemula itu mesti membawa Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga :

Satpol PP Jakarta Barat Gandeng KPU Tertibkan Atribut Partai

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari menyampaikan pemlih pemula itu bisa menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pemilu 2024. Syaratnya bisa membawa KK saat ke TPS. “Kalau belum menggunakan kartu keluarga,” kata Hasyim kepada wartawan, Jumat, 28 Juli 2023.

Hasyim optimistis tidak akan terjadi manipulasi data pemilih. Sebab, Nomor Induk Kependudukan (NIK) terkoneksi dengan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga :

Bawaslu Ultimatum Para Kepala Desa Netral di Pemilu 2024

“Ada database-nya di data Kemendagri dan kita kan terkoneksi,” ujarnya.

Baca Juga :

Survei Australia Sebut Mayoritas Rakyat RI Ingin Perubahan, Nasdem: Anies Tak Bisa Dibendung

Pun, dia menambahkan, saat pemungutan suara nanti diharapkan para pemilih pemula sudah memiliki KTP. Ia mengatakan demikian, karena KPU terus berkoordinasi dengan Kemendagri.

KPU juga mengklaim telah bekerjasama dengan Kemendagri untuk ada percepatan-percepatan.

Halaman Selanjutnya

“Maksud saya pada hari H ketika yang bersangkutan 17 tahun ya sudah siap KTP-nya. Ada NIK-nya kan. Kita ini kan prinsipnya harus saling percaya itu dulu,” tuturnya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Grand Final Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2023, Cetak Duta Bangsa Berkarakter yang Siap Kembangkan Budaya Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *