Harga Beras di Jawa dan Sumatera Mulai Turun



Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa penurunan harga tersebut telah disampaikan pihak BPS.

“Kita syukuri hari ini sudah masuk ke-21 bulan Suci Ramadhan, alhamdulillah harga-harga (pangan) cenderung turun sebagaimana tadi disampaikan oleh Plt BPS,” kata Zulkifli Hasan atau Zulhas di Gudang Bulog, Jakarta, Senin (1/4).



Ia sendiri mengaku telah mengunjungi sejumlah pasar yang ada di wilayah Pulau Jawa dan menemukan sejumlah harga mulai turun.

“Terutama Jawa Barat, Sumatera, kecenderungan harga sudah mulai turun,” tambahnya.

Harga beras di sejumlah pasar yang ada di Jawa dan Sumatera rata-rata turun sekitar Rp 3.000 hingga Rp 1.000 per kilogram. Beras kini dijual hampir mendekati harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Penurunan harga tersebut karena sudah memasuki panen.

Untuk komoditas lainnya, seperti daging ayam juga turun. Saat ini, kata Zulhas, harga daging ayam rata-rata mencapai Rp40.000 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga telur ayam sudah mencapai Rp28.000 hingga Rp27.000 per kilogram.

Zulhas mengatakan ia sangat berterima kasih kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi yang berkat kerja keras mereka, pasokan dan harga beras perlahan membaik.

“Oleh karena itu, saya terima kasih kepada Pak Mentan (Andi Amran Sulaiman), Kepala Bapanas (Arief Prasetyo Adi), sudah bekerja luar biasa, mengatur SPHP itu kan enggak mudah 250.000 ton, bayangkan ngantongin saja itu bingung, ini harus sampai masuk ke pasar-pasar, jadi perannya Bulog sangat luar biasa,” ujar Zulhas.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Dongkrak Ekonomi Rakyat, UTM Didorong jadi Sentra Hilirisasi Rumput Laut dan Garam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *