Dulunya Tidak Dilirik Sekarang Jadi Daya Tarik

Jumat, 11 Agustus 2023 – 18:10 WIB

Jakarta – Perhelatan Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) sudah selesai dengan kesepakatan beberapa resolusi. Disetujui 30 resolusi dalam AIPA di antaranya mengenai isu stabilitas politik, Myanmar dan laut Cina Selatan.

Baca Juga :

Muhaimin: BLK dapat Percepat Peningkatan Kapasitas SDM

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana mengatakan negara di kawasan ASEAN berkomitmen untuk engage dengan goverment. Maka itu, kata dia, resolusi akan didorong ke pemerintah agar segera ada implementasi.

“Setelah resolusi disetujui, what next? Apa selanjutnya? Semua negara AIPA harus segera menjalankan resolusi ini. Karena komitmen sidang umum ini adalah sebenarnya aspirasi dari seluruh masyarakat ASEAN,” kata Putu, dalam keterangannya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Baca Juga :

Yusril Ihza Instruksikan Pengurus PBB se-Indonesia Bentuk Tim Relawan Pemenangan Prabowo

Dia mengatakan jika bicara parlemen karena bermuara dari aspirasi rakyat. Menurut dia, aspirasi itu nanti akan diserahkan kepada pemerintah masing-masing untuk segera mengimpletasikan yang dibutuhkan.

“Agar bisa memberikan penguatan kesejahteraan, kestabilan, kesolidan dan perdamaian kepada kawasan ASEAN ini agar tidak terjadinya konflik dengan isu-isu seperti Myanmar, Laut Cina Selatan dan isu-isu lain,” jelas legislator Partai Demokrat tersebut.

Baca Juga :

Sidang AIPA di Jakarta Jadi Ajang Promosi Gratis Pariwisata RI Lewat Diplomasi DPR

Ketua Desk Kerja Sama Regional BKASP DPR RI, Putu Supadma Rudana (kanan)

Putu menambahkan perlunya kesolidan untuk mengawal stabilitas kawasan ASEAN. Kata dia, hal itu juga mesti disampaikan oleh pemerintah saat KTT ASEAN di Jakarta.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *