1.569 Tersangka Sudah Ditahan KPK



Begitu dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri di hadapan ribuan masyarakat yang hadir dalam pembukaan Road Show Bus KPK dan Road To Hakordia di Balee Meuseraya Aceh (BMA), Banda Aceh, Kamis (9/11).

“Ribuan sudah kita tangkap tersangkanya dan angkanya sebanyak 1.569 orang tersangka,” kata Firli Bahuri, dikutip Kantor Berita RMOLAceh.





Kata Firli, khusus kurun waktu tahun 2020 hingga 2023 pihaknya telah melakukan penahanan terhadap sebanyak 513 tersangka korupsi.

Dengan rincian, 2020 sebanyak 109 tersangka, 2021 sebanyak 127 tersangka, 2022 sebanyak 149 tersangka dan tahun 2023 sebanyak 128 tersangka.

“Ini belum tutup tahun, mudah-mudahan tidak lagi bertambah,” ujarnya.

Menurutnya, dalam penindakan dan penangkapan tersebut, pihaknya telah menyelamatkan uang negara melalui asset recovery sebanyak Rp1,6 triliun selama empat tahun, mulai tahun 2020-2023.

Dia pun mengajak masyarakat untuk memberantas korupsi dan tidak tergoda dengan perilaku buruk tersebut. Menurutnya, perilaku korupsi adalah suatu pengkhianatan terhadap negara.

“Tidak hanya merugikan keuangan negara dan perekonomian negara, korupsi juga telah merampas hak-hak manusia,” tegasnya.

Oleh sebab itu, kata Firli, pihaknya gencar melakukan pendidikan antikorupsi kepada masyarakat. Hal itu dilakukan guna menghindari perilaku korupsi yang terus menjamur.

Dalam pembukaan Road Show Bus KPK dan Road To Hakordia turut dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Bupati dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Gubernur Jambi, Gubernur Riau dan para tamu undangan lainnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Baca Juga  PDIP Santai soal PSI Mesra dengan Prabowo: Silaturahim Itu Seumur Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *